Waktu di dunia sangat singkat

Waktu terus berjalan, usia semakin bertambah dan hampir tak terasa saya telah berumur hampir 28 tahun. Anak saya yang pertama telah berumur 10 bulan. Hmmm,hampir tak terasa, saya benar-benar telah menjadi orang tua, nahkoda yang bertanggung jawab mengarahkan kapal yang disebut keluarga. Keselamatan kapal beserta semua orang yang ada di dalamnya sangat dipengaruhi oleh nahkodanya. Itulah tanggug jawabku. Hmmm, waktu terus berjalan, sangat singkat namun seakan sudah sangat lama. Saya menyangka waktu 28 tahun itu sangat lama, tapi sebetulnya sangat singkat. Buktinya, semuanya berlalu hampir tak terasa. Inilah hidup kawan, sangat singkat dan pasti akan berakhir.

Cobalah ingat masa lalu anda... apakah anda tidak merasakan bahwa semua yang telah dilewati seperti baru kemarin? Coba ingat berapa usia anda sekarang. Jangan berpikir bahwa 20 tahun ke depan itu sangat lama, karena jika anda sekarang sudah berusia lebih dari 20 tahun, apakah anda tidak menyadari bahwa itu sangat singkat? Sekali lagi, renungkanlah, jika anda merenungi, pastilah anda berpikiran sama denganku...

Tidak...! Saya tidak pesimis dengan hidup ini. Saya hanya tersadar betapa banyak waktuku yang terbuang sia-sia... Banyak hal yang telah kucapai dan belum bisa digapai oleh orang seusiaku. Dan yang kucapai itu banyak didambakan orang lain. Tapi apakah yang saya rasakan? Saya merasa hal ini tidak seindah saat saya mengimpikannya. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Allah telah memberiku sebanyak ini... Tapi saya tidak pernah melakukan kebaikan seperti yang diinginkan oleh Allah...

Perasaan ini pasti akan selalu ada jika saya tidak segara berubah, berubah untuk menghargai waktu. Berubah untuk melakukan yang terbaik, bukan hanya untuk menggapai impian di dunia, tapi apa yang diperintahkan Tuhan kepadaku dan kepada semua manusia.

Semoga saya dan anda lebih baik lagi. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar